Browser Apa Yang Paling Aman? (DIPERBARUI 2020)

Jika Anda menyukai kebanyakan orang, Anda bisa menggunakan salah satu browser terkemuka dengan senang hati tanpa mengetahui apa artinya ini bagi keamanan online Anda. Yang benar adalah bahwa internet menjadi semakin tidak aman, dan bijaksana untuk melihat pilihan yang lebih luas di luar sana dan memilih browser yang aman yang akan membuat Anda tidak mencuri data paling sensitif dan / atau dijual ke pihak ketiga.

Pakar keamanan kami telah menguji browser paling populer. Kami telah membandingkan fitur keamanan dan kebijakan privasi mereka, kerentanan, dan banyak lagi ke cari tahu peramban mana yang paling aman untuk digunakan pada tahun 2020. Baca laporan komprehensif kami di bawah ini untuk memastikan Anda menggunakan browser terbaik yang tersedia.

Peramban Paling Aman: Panduan Cepat

  1. Tor: Enkripsi tiga lapis; Jaringan Tor membuat data Anda anonim dan tidak dapat dibaca.
  2. Firefox: Membuat Anda tetap aman tanpa mengurangi kecepatan.
  3. Chromium: Fitur terbaik Google Chrome, tanpa melacak atau menjual informasi pribadi Anda.

Apa yang Membuat Browser Tidak Aman?

Browser yang salah bisa kompromi keamanan online Anda dalam banyak hal. Ini ada beberapa hal untuk dipikirkan ketika Anda mempertimbangkan browser yang Anda gunakan, dan apakah Anda mungkin ingin beralih:

  • Titik lemah perangkat lunak: Peretas dapat mencuri data Anda menggunakan kerentanan ini sebagai titik akses. Ini paling sering merupakan hasil dari browser yang salah dikonfigurasi dan kesalahan pemrograman. Meskipun mereka dapat diperbaiki dengan tambalan perangkat lunak, pengembang sering tidak menyadari masalah sampai penjahat cyber telah mengeksploitasinya. Ini berarti browser Anda mungkin tidak aman selama berminggu-minggu, dan terkadang bertahun-tahun, sebelum mereka merilis sebuah perbaikan.
  • Kerentanan data sensitif: Ini menambah ancaman ekstra jika Anda punya diberi izin browser Anda untuk menyimpan data sensitif, seperti detail login Anda. Jika peramban Anda dikompromikan, peretas akan memiliki akses ke kata sandi Anda. Ini sangat berbahaya jika Anda menggunakan perbankan online.
  • Ekstensi browser tidak aman: Penjahat dunia maya dapat menggunakan ini sebagai jembatan untuk membahayakan perangkat Anda. Dalam satu contoh, peretas menyusup ke Toko Web Google Chrome setelah mendapatkan kata sandi pengembang melalui email phishing. Mereka menggunakan ini untuk membajak beberapa ekstensi dan menggunakan pembaruan berbahaya sebelum pengembang bahkan menyadari bahwa mereka kehilangan kendali atas program mereka. 
  • Merekam aktivitas online Anda: Beberapa browser, seperti Google Chrome, rekam aktivitas online Anda untuk membuat iklan bertarget. Meskipun ini tidak selalu berbahaya, ini merupakan pelanggaran besar terhadap privasi Anda.

Peramban Paling Aman tahun 2020

1. Tor

Tor Browser

  • Mengenkripsi data Anda dalam tiga lapis enkripsi
  • Melewati lalu lintas internet Anda melalui jaringan Tor, membuat Anda sepenuhnya anonim
  • Menggunakan NoScript untuk menghentikan situs-situs sidik jari riwayat browser Anda

Tor adalah puncak dari browser yang anonim dan aman.

Itu topeng identitas Anda dengan memantulkan lalu lintas internet terenkripsi Anda melalui relai setidaknya tiga simpul Tor. Ini mencegah siapa pun melacak atau mengidentifikasi Anda, kecuali jika Anda mengidentifikasi diri Anda sendiri.

Itu bahkan didukung oleh Edward Snowden (whistle-blower Amerika yang membocorkan informasi sangat rahasia dari NSA pada 2013).

Tor tidak menyimpan catatan aktivitas penelusuran Anda. Bahkan menghapus cookie Anda setelah setiap sesi.

Di samping itu…

Tor masih belum 100% aman. Setelah data Anda meninggalkan jaringan Tor, itu tidak lagi dienkripsi.

Kami merekomendasikan penggunaan Tor bersama dengan VPN berkualitas tinggi.

Selain itu, karena data Anda harus melakukan perjalanan setidaknya tiga node sebelum mencapai situs yang Anda coba akses, Tor dapat memperlambat kecepatan koneksi Anda. Untuk alasan ini, kami tidak merekomendasikannya saat Anda ingin melakukan streaming file video atau memainkan game online.

2. Mozilla Firefox

Browser Firefox

  • Sangat dapat dikustomisasi
  • Blok pelacak
  • Tambalan dan pembaruan yang sering

Jika kecepatan Tor yang lebih lambat tidak akan memotongnya, Anda dapat melihat ke Firefox untuk perlindungan tertinggi.

Tidak seperti Google dan perusahaan raksasa lainnya, Internet tidak untuk keuntungan Yayasan Mozilla tidak menjual informasi pribadi Anda. Bahkan, ia melampaui dan melampaui jauhkan pihak ketiga dari aktivitas Anda.

Hampir semua yang ada di Firefox disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pengaturan keamanannya yang komprehensif membantu Anda menyesuaikan pengalaman Anda, dari memblokir pelacak hingga menyembunyikan lokasi Anda. Meskipun sebagian besar situs web akan mencari tahu di mana Anda berada, Firefox tidak akan pernah membagikan lokasi Anda tanpa izin Anda.

Anda dapat menjelajah tanpa jejak menggunakan Firefox mode pribadi, yang menghapus informasi login, cookie, dan riwayat perambanan Anda segera setelah Anda logout. Mode pribadi juga akan blokir semua pelacak yang mencoba mengunci koneksi Anda. Bahkan akan bersihkan situs-situs yang haus data seperti Facebook.

Namun, Anda masih paling aman saat menggunakan Firefox dengan VPN.

Rilis Mozilla pembaruan dan tambalan biasa untuk melindungi privasi penggunanya. Sebagai tanda nya dedikasi untuk keamanan, ia menawarkan $ 3.000 USD sebagai hadiah kepada siapa saja yang melaporkan kerentanan serius.

3. Chromium

Browser Chromium

  • Tidak mengirim data ke Google
  • Gratis dan sumber terbuka
  • Sering ditambal dan diperbarui

Jadi, apa itu Chromium? Singkatnya, ini adalah versi Google Chrome yang aman.

Bukan rahasia lagi Google melacak setiap gerakan kami online dan, dengan Google Maps, dalam kehidupan nyata juga. Itu mencatat setiap detail yang bisa mengenai kita: apa yang kita cari, siapa yang kita tahu, apa yang kita beli, dan banyak lagi.

Faktanya, Google menyimpan daftar lengkap dari semua minat Anda yang luas, dan akurat.

Setiap kali Anda masuk, Chrome mengumpulkan lebih banyak data tentang Anda untuk dikirim ke Google. Ini adalah pelanggaran privasi yang sangat besar, dan salah satu alasan utama kami tidak merekomendasikan menggunakan Google Chrome.

Tidak seperti Chrome, Chromium tidak melacak aktivitas penelusuran Anda atau mengirim data apa pun ke Google. Dan, ini open-source, sehingga Anda dapat dengan mudah memeriksa apakah kerentanan yang dilaporkan telah ditambal.

Antarmukanya hampir identik dengan Chrome, jadi itu mudah untuk beralih ke Chromium. Tapi Anda harus berhati-hati unduh Chromium dari sumbernya, karena ada banyak program malware yang beredar menggunakan namanya.

Browser Up-dan-Datang Terbaik

Vivaldi: Vivaldi adalah a kaya fitur dan fleksibel freeware browser yang dibangun dan dikelola oleh komunitas programmer sukarela. 

Berani: Berani adalah seorang peramban sumber terbuka gratis berdasarkan kode sumber Chromium. Ini menawarkan fitur keamanan dan privasi yang kuat, seperti perlindungan HTTPS otomatis, dan dapat memuat halaman hingga tiga kali lebih cepat daripada Chrome.

Epik: Menjelajah dengan Epic seperti selalu menjelajah mode pribadi. Ketika Anda keluar dari program, itu menghapus semua data penjelajahan Anda. Butuh pelacak serius, dan dapat menunjukkan siapa yang melacak aktivitas Anda, bahkan di browser lain.

Ringkasan

Memilih browser yang aman sangat penting untuk keamanan online Anda. Itu bisa saja perbedaan antara penjelajahan anonim dan menjadi korban kejahatan dunia maya. 

Jika Anda serius tentang keamanan, kami menyarankan memasangkan browser Tor dengan VPN berkualitas tinggi.

Apa pun browser yang Anda pilih, VPN yang berkualitas adalah keharusan untuk melindungi diri Anda secara online

Bacaan lebih lanjut

Ini semua yang perlu Anda ketahui tentang Tor. 

Lihatlah diskon dan kupon VPN terbaik kami untuk memastikan Anda mendapatkan penawaran terbaik untuk layanan Anda.

Mencari VPN Terbaik untuk Chrome? Tidak terlihat lagi!

Brayan Jackson
Brayan Jackson Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.
follow me