Cara Menonaktifkan WebRTC dalam Detik pada 2020 (Panduan Langkah-demi-Langkah)


VPN adalah alat yang ampuh untuk menghentikan informasi pribadi Anda agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Tapi situs web dapat memanfaatkan teknologi yang disebut WebRTC untuk membuat koneksi langsung antara server mereka dan browser web Anda. Ini koneksi mengabaikan pengaturan jaringan Anda dan bahkan dapat menghindari VPN Anda.

Baca terus untuk mengetahui bagaimana caranya nonaktifkan WebRTC sehingga informasi pribadi Anda tetap pribadi. Kami juga akan menjelaskan bagaimana sebenarnya Layanan VPN yang dapat diandalkan seperti NordVPN dapat membantu Anda tetap lebih aman.

Salah satunya keuntungan besar menggunakan VPN itu saja memungkinkan Anda untuk menyembunyikan alamat IP pribadi Anda. Ketika browser web Anda membuat koneksi langsung ke server, informasi ini mudah terungkap.

Jika peretas, pengiklan, atau orang lain mengetahui alamat IP Anda, mereka mendapatkan akses ke informasi tentang lokasi Anda, penyedia layanan internet Anda, dan bahkan perangkat yang Anda gunakan.

Itu tidak masalah apa browser yang Anda gunakan. WebRTC dirancang untuk dijalankan pada semuanya.

Untungnya, meskipun begitu, WebRTC dapat dinonaktifkan di browser apa pun. Dalam setiap kasus, ini adalah proses mudah jika Anda tahu apa yang Anda lakukan.

Artikel ini akan menunjukkan kepada Anda dengan tepat cara menonaktifkan WebRTC di masing-masing dari tiga browser utama: Google Chrome, Mozilla Firefox, dan Microsoft Edge.

Apa itu WebRTC??

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa browser Anda menyertakan kerentanan yang mencolok. Baik, WebRTC memang melayani tujuan untuk banyak pengguna.

Bahkan ada kalanya Anda ingin membalikkan langkah-langkah dalam panduan ini untuk mengaktifkannya kembali. Anda harus melakukannya jika mau bagikan audio dan video waktu nyata Melalui internet. Di sinilah WebRTC mendapatkan namanya - singkatan dari "komunikasi web waktu nyata".

Teknologi ini telah memposisikan dirinya sebagai pesaing utama dari perangkat lunak panggilan video populer, Skype. Lebih nyaman karena itu bekerja langsung di browser menggunakan JavaScript. Dengan cara ini, pengguna tidak perlu mengunduh Skype atau perangkat lunak pihak ketiga lainnya.

Tetapi kenyamanan datang dengan harga. Kode situs web dapat ditulis dengan skrip yang membuka koneksi WebRTC ke browser mana pun yang aktif berjalan.

Ini artinya WebRTC dapat membocorkan alamat IP Anda bahkan jika Anda belum pernah menggunakan teknologi untuk tujuan yang dimaksud. Tidak masalah apakah Anda benar-benar menerima koneksi audio / video langsung atau tidak.

Selama WebRTC diaktifkan sepenuhnya di peramban Anda, itu membuat Anda berisiko. Risiko itu sangat berkurang jika Anda menggunakan NordVPN atau salah satu VPN lain yang telah kami uji kebocoran DNS. Tapi bagaimanapun juga, kami sangat menyarankan menonaktifkan WebRTC.

Menonaktifkan WebRTC di Chrome

Kode sumber terbuka WebRTC telah dipromosikan secara aktif oleh Google dan tim pengembangan untuk browser Google Chrome. Ini mungkin membantu menjelaskan mengapa ada tidak ada cara untuk menonaktifkan WebRTC melalui pengaturan Chrome. Tetapi masih bisa dinonaktifkan, dan tanpa banyak kesulitan. Anda hanya perlu melakukannya pasang ekstensi browser.

Mulai dengan menavigasi ke menu Toko web Google Chrome. Klik untuk membuka tautan berikut di Chrome atau ketik URL ke bilah alamat Chrome: https://chrome.google.com/webstore/

toko web Chrome

Di bidang pencarian di halaman itu, ketik "Kontrol WebRTC." Ekstensi browser harus menjadi hasil pertama.

Yang harus Anda lakukan untuk mengaktifkannya adalah klik "Tambahkan ke Chrome," lalu klik "Tambahkan ekstensi" di kotak dialog yang terbuka. Kontrol WebRTC akan instal secara otomatis dan Chrome akan membuka halaman baru yang menyertakan beberapa informasi tambahan tentang ekstensi browser.

Anda dapat membaca ekstensi atau klik kanan pada ekstensi ikon di sudut kanan atas browser untuk mengubah opsinya. Tapi yang perlu Anda lakukan adalah pastikan ikonnya berwarna biru. Itu berarti Kontrol WebRTC diaktifkan dan sedang melakukan tugasnya. Mengklik kiri di atasnya akan mengubah ikon abu-abu dan menonaktifkan ekstensi jika Anda perlu membuka koneksi langsung dengan server lain.

Cara Menonaktifkan WebRTC dalam Detik pada 2020 (Panduan Langkah-demi-Langkah)

Menonaktifkan WebRTC di Firefox

Mozilla Firefox juga memiliki ekstensi browser yang tersedia yang akan menonaktifkan WebRTC. Tetapi ada cara yang lebih mudah untuk melakukannya. Hanya ketik "about: config" ke dalam bilah alamat dan kemudian klik tombol pada halaman peringatan yang mengatakan "Aku menerima risikonya!" Jika Anda hanya melakukan perubahan yang ditentukan, Anda kinerja browser tidak akan terpengaruh dengan cara apapun.

Di halaman gaya spreadsheet yang terbuka, ketik "media.peerconnection.enabled" di bidang pencarian. Istilah itu sekarang harus menjadi satu-satunya hal yang muncul di bawah "Nama Preferensi."Di sisi kanan baris itu, di bawah"Nilai,"Itu akan mengatakan"benar”Jika WebRTC diaktifkan.

Firefox WebRTC Aktif

Untuk menonaktifkannya, yang perlu Anda lakukan adalah klik dua kali di mana saja di baris dan ubah nilainya menjadi “false.”

Firefox WebRTC Mati

Jika Anda perlu mengaktifkan WebRTC kapan saja, ulangi saja prosesnya. Tapi ingat untuk menetapkan nilai sebagai "false" lagi setelah Anda tidak lagi menggunakan koneksi langsung, peer-to-peer.

Menonaktifkan WebRTC di Edge

Microsoft Edge menjadikannya sedikit mudah untuk menghidupkan dan mematikan WebRTC.

Lebih khusus, itu sebagian menonaktifkan teknologi untuk mengatasi masalah keamanan spesifik yang muncul darinya.

Jika kamu ketik "about: flags" ke dalam bilah alamat Edge, Anda akan melihat daftar pengaturan pengembang. Di bagian bawah daftar itu adalah kotak centang yang mengatakan "Sembunyikan alamat IP lokal saya melalui koneksi WebRTC."

Opsi Edge WebRTC

Secara default, kotak itu harus tidak dicentang. Tentu saja, Anda ingin mengeklik sehingga fitur ini diaktifkan. Kamu tidak akan mematikan koneksi WebRTC sepenuhnya, tapi kamu akan meningkatkan keamanan Anda, terutama jika Anda sudah menggunakan VPN yang disarankan seperti NordVPN.

Ketika Anda mengklik kotak itu, sebuah pesan akan muncul untuk mengingatkan Anda bahwa Anda perlu melakukannya mulai ulang browser Anda agar perubahan berlaku.

Hal yang baik tentang fitur ini di Microsoft Edge adalah memungkinkan Anda untuk menggunakan WebRTC lebih aman, tanpa perlu mengaktifkannya untuk obrolan video, dan mematikan untuk browsing biasa.

Kesimpulan

WebRTC adalah kerentanan keamanan yang berpotensi serius. Ini mempengaruhi semua orang, terlepas dari browser atau sistem operasi yang mereka gunakan. Dan itu bahkan dapat mempengaruhi orang-orang yang waspada tentang menjaga privasi mereka dengan VPN. Namun terlepas dari semua ini, itu benar sangat mudah untuk memperbaiki masalah. Hanya dalam beberapa detik, dan hanya dengan beberapa klik, Anda dapat melakukannya perluas perlindungan VPN Anda ke tempat-tempat di mana mereka biasanya tidak mencapai. Lalu, bahkan kode daring paling licik pun tidak akan bisa memaksa Anda untuk mengungkapkan alamat IP Anda.

Bacaan lebih lanjut

  • Cara Mudah untuk Menyembunyikan Alamat IP Anda
  • Ekstensi VPN Chrome Terbaik
  • Membuka blokir Netflix dengan NordVPN
Brayan Jackson Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.
follow me