Mesin Pencari dan Penyedia Email yang Aman Ini Bisa menjadi Alternatif Pribadi untuk Google


Apa yang membuat Anda memulai mesin pencari pribadi pada saat tidak ada orang lain yang peduli dengan privasi?

Kembali pada tahun 1999, rekan saya David Bodnick memulai mesin pencari, yang pada awalnya merupakan mesin pencari meta yang menggunakan mesin pencari yang berbeda secara bersamaan. Pada saat itu, setiap mesin hanya mencakup bagian tertentu dari internet, jadi idenya adalah untuk mencari beberapa mesin secara bersamaan dan menggabungkan output mereka ke hasil yang lebih luas dan lebih relevan.

Saya direkrut sebagai manajer baru pada tahun 2003, karena latar belakang hukum saya, untuk mengevaluasi kemungkinan kewajiban. Saya fokus pada data yang disimpan ketika orang melakukan pencarian, dan terkejut menemukan jumlah data yang disimpan di server kami: alamat IP, istilah pencarian, hasil yang diklik, stempel waktu, negara asal, semuanya. Saya menyadari bahwa sementara satu pencarian tidak memberi tahu Anda banyak, aliran pencarian yang terus menerus dapat memberi Anda wawasan penuh dalam jiwa seseorang. Rupanya, orang mempercayai mesin pencari dengan hal-hal yang paling intim mereka, kadang-kadang bahkan lebih dari seorang teman tepercaya, dan mereka berharap itu menjadi pribadi dan terpisah.

mesin pencari aman startpage

Dalam kehidupan nyata, perusahaan pencarian memprofilkan pencarian Anda. Mereka tahu persis siapa Anda dan apa yang Anda minati, dan ini sangat mengecewakan jika Anda mempertimbangkan kedalaman sebenarnya dari analisis profil. Kami menyadari ini adalah ancaman besar terhadap privasi pribadi, dan kami tidak ingin menjadi bagian darinya.

Itu pasti keputusan yang sulit untuk dibuat mempertimbangkan potensi kehilangan uang dan teknis yang terlibat?

Mengubah cara kami menangani data sangat menantang bagi orang-orang teknologi kami untuk memulainya. Awalnya tidak ada yang tertarik dengan pencarian pribadi; pada tahun 2002 kami hanya memiliki sekitar 120.000 pencarian per hari, tetapi ketika kesadaran terhadap masalah privasi mulai meningkat, kami mulai melihat pertumbuhan yang stabil dalam jumlah pencarian, dan hari ini kita berbicara tentang antara 5-6 juta pencarian per hari. Kami tidak tahu persis berapa banyak pengguna yang kami miliki atau dari mana mereka berasal, karena kami tidak melacak data mereka, tetapi kami tahu bahwa popularitas kami sedang meningkat. Itu adalah kisah AOL yang akhirnya mengkonfirmasi bahwa kami mengambil keputusan yang tepat dan akhirnya kebijakan privasi kami berubah menjadi titik penjualan yang unik..

Bisakah Anda ceritakan lebih banyak tentang kasus AOL??

Kembali Pada tahun 2006, AOL membuat kesalahan besar: mereka menerbitkan basis data dengan data pencarian selama 3 bulan dari 650.000 pengguna., Yang segera disalin dan disebarkan di web untuk dinikmati para analis dan peretas. Meskipun mereka mengganti alamat IP dengan nomor identifikasi unik, tidak butuh waktu lama bagi jurnalis untuk mengidentifikasi orang-orang tertentu. Karena, angka unik 'terpaku' semua pencarian individu bersama dan mengekspos beberapa orang dengan sangat cepat.

Ada kisah terkenal tentang seorang wanita tua yang kebetulan mencari dokter hewan setempat setelah anjingnya sakit. Seseorang berhasil melacaknya dan akhirnya mengetuk pintunya, menanyakan kondisi medis anjingnya dan apakah dia klien AOL. Itulah cara mesin pencari yang intim, dan kami hanya melihat sekitar tiga bulan dari data pencarian. Saat ini, mesin pencari besar menyimpan sekitar 10-15 tahun sejarah pencarian.

Jadi bagaimana cara kerja mesin pencari tanpa mengumpulkan data dari penggunanya?

Kami tidak menyimpan alamat IP, kami tidak menggunakan cookie, dan kami tidak membocorkan data pribadi ke perusahaan pihak ketiga. Kami adalah mitra google, jadi kami menggunakan hasil pencarian mereka, tetapi kami tidak membocorkan detail pengguna kembali kepada mereka. Iklan yang ditampilkan di mesin pencari kami hanya relevan untuk istilah pencarian tertentu dan tidak didasarkan pada riwayat pengguna, jadi kami menghasilkan lebih sedikit uang dari iklan. Tetapi ini memungkinkan kami untuk menawarkan layanan unik yang benar-benar melindungi privasi orang saat mencari.

Kami juga menemukan pembuat URL yang memungkinkan orang tidak menggunakan cookie dan masih mendapatkan pengaturan spesifik yang mereka sukai. Kemudian kami menambahkan tautan proksi ke setiap hasil pencarian, memungkinkan orang untuk mengunjungi situs web pihak ketiga yang dirujuk dari mesin pencari StartPage - tanpa dilacak. Cara kerjanya adalah kami mengunduh konten halaman ke server kami, dan memungkinkan Anda untuk melihatnya dalam privasi. Situs web pihak ketiga tidak dapat melacak data pribadi Anda karena mereka melacak kami sebagai gantinya. Ini agak seperti VPN, tetapi terbatas pada hasil yang kami tunjukkan kepada Anda.

Tidak seperti kebanyakan mesin pencari, yang mencoba memenuhi minat Anda dengan menyelaraskan hasil pencarian Anda berdasarkan riwayat pencarian Anda, kami memberikan hasil obyektif 100%. Dengan tidak membocorkan data pribadi apa pun, kami mendapatkan hasil pencarian yang paling relevan bagi Anda, dalam privasi yang sempurna!

Beberapa berpendapat bahwa iklan bertarget membuat pencarian lebih mudah dan lebih relevan. Apa masalah terbesar Anda ketika datang ke pencarian yang dipersonalisasi?

Eli Pariser membicarakannya dalam bukunya "The filter bubble". Pada dasarnya apa yang dia katakan adalah bahwa jika Anda melihat lebih banyak dari apa yang Anda cari di masa lalu, Anda menjadi terisolasi. Tidak sehat bagi orang untuk selalu terhubung dengan apa yang sudah mereka ketahui. Kita semua menghargai bahwa satu teman yang tidak setuju dengan kita dan membuat kita berpikir secara mendalam tentang banyak hal; itu penting bagi masyarakat, itu membuat Anda berpikir dan mengevaluasi berbagai hal secara berbeda, dan pada akhirnya itu membuat masyarakat bersama daripada membuat orang terpisah.

Kemampuan mesin pencari besar untuk memanipulasi hasil pencarian untuk alasan apa pun adalah tren berbahaya bagi kesadaran manusia, dan itu mempengaruhi siapa pun yang menggunakan internet.
Misalnya, jika Anda melihat berapa banyak orang yang mencari tentang pemilihan Amerika, bayangkan seberapa besar pengaruh mesin pencari dapat bergantung pada kandidat mana yang mereka sukai. Saya tidak mengatakan mereka melakukannya, tetapi potensi penyensoran, misalnya, sangat besar. Di zaman sekarang ini lebih penting menggunakan StartPage.com dan melindungi pencarian Anda dari pengintaian.

Apa yang membawa Anda untuk mengembangkan StartMail, layanan email Anda ?

Pada 2011, setelah beberapa tahun beroperasi dengan StartPage, kami mulai bertanya pada diri sendiri apa lagi yang bisa kami lakukan untuk mengamankan privasi online orang.

Kami tahu bahwa banyak orang menggunakan email yang tidak aman sama sekali. Mengirim pesan email seperti mengirim kartu pos: siapa pun dapat melihatnya. Perbedaannya adalah bahwa selain terkena, itu juga disalin dan dikirim ke sejumlah kelompok kepentingan sebelum mencapai tujuannya - dan orang-orang bahkan tidak tahu tentang hal itu!

Tentu saja, ada kesenjangan besar antara pengguna rata-rata dan lebih banyak orang teknis, yang tahu bahwa tidak ada yang bersifat pribadi dan menemukan cara untuk melindungi diri mereka sendiri.

Pada awalnya, semua produk gratis membuat hidup lebih nyaman bagi massa: akun email gratis, kalender gratis, penyimpanan file gratis, dan daftarnya terus bertambah. Apa yang mereka tidak tahu adalah bahwa selama Anda menggunakan layanan "gratis" itu, Anda adalah produknya; Anda ditambang data sepanjang waktu, dan perusahaan besar terus-menerus membuat profil Anda untuk mengeksploitasi Anda sebagai pelanggan.

Ketika orang memahami hal ini, mereka mulai mencari alternatif untuk akun Gmail dan Yahoo mereka, yang persis seperti yang kami tawarkan.

Bagaimana perusahaan-perusahaan itu menjadi begitu besar sehingga benar-benar dapat melakukannya dengan begitu banyak pengguna secara global?

Perusahaan-perusahaan yang melakukan monopoli dan pesaing tidak memiliki kesempatan untuk memenangkan pertempuran karena mereka dibeli atau dipaksa keluar dari pasar..
Ambil contoh Whatsapp: Ketika Whatsapp diakuisisi oleh Facebook, orang-orang membicarakannya sebagai "risiko terhadap privasi pribadi", tetapi akhirnya lebih banyak orang akhirnya menggunakannya karena berita. Ada alternatif yang bagus untuk Whatsapp tetapi orang tidak menggunakannya karena ‘semua teman mereka sudah ada di Whatsapp. Mereka berada di luar 'massa kritis'.

Jika itu masalahnya, mengapa StartMail masih dalam bisnis?

StartMail independen dan didanai secara internal oleh StartPage. Keuntungan terbesar kami di pasar adalah kami tetap setia pada kebijakan privasi kami, dan pengguna kami cukup menghargainya untuk tetap bersama kami.

Meningkatkan kesadaran publik terhadap masalah privasi adalah sulit, karena kebanyakan orang tidak memahami teknologi di baliknya. Pada saat yang sama, orang-orang besar menjaga itu tidak terlihat, karena mereka tidak tertarik pada kesadaran publik. Kami mencoba untuk melayani sebagai alternatif yang sehat dan tetap setransparan mungkin.

Bagaimana kamu melakukannya?

Kami memberikan privasi kepada massa dengan desain. Antarmuka kami dibangun di atas keamanan dan privasi, tetapi kami mencoba mempertahankan elemen teknis di bawah permukaan agar lebih mudah digunakan. Dengan tetap menjaga transparansi, kami tidak ingin melelahkan orang dengan detail teknis. Informasi ada di luar sana, di situs web kami dan di buku putih kami, tetapi antarmuka kami dirancang untuk privasi, dengan desain dan secara default.

Ketika pengguna baru mulai menggunakan layanan email kami, mereka mendapatkan pengaturan default yang bersifat pribadi berdasarkan desain dan secara default, untuk memudahkan segala sesuatunya. Ini secara otomatis memberi mereka titik awal yang optimal. Para pengguna yang lebih teknis dapat memilih untuk melakukan hal-hal yang sedikit berbeda untuk perlindungan lebih lanjut.

Enkripsi adalah jawaban untuk privasi email. Seperti kebanyakan penyedia email aman, kami menggunakan enkripsi PGP, tetapi kami telah mengambil pendekatan unik untuk menyederhanakan PGP bagi massa.

Enkripsi PGP mengharuskan pengirim dan penerima untuk memiliki keypairs pribadi / publik, membuatnya menantang bagi pengguna rata-rata untuk menerapkan. Apa alternatif yang Anda tawarkan kepada klien Anda dan bagaimana Anda mengatasi tantangan itu?

Benar bahwa enkripsi PGP sangat teknis dan detailnya sangat penting. Kami menggunakan standar yang kuat seperti SSL, TLS, dan PGP terbuka, dan kami mencoba untuk menambahkan kualitas spesifik StartMail dengan menggunakan protokol ini dengan cara yang dapat dipahami oleh rata-rata pengguna. Slogan kami adalah "Enkripsi Email menjadi mudah!"

Kami telah berhasil membuat enkripsi PGP secara signifikan lebih mudah dengan menghasilkan keypair PGP Anda dan mengelolanya untuk Anda di bawah permukaan. Membuat keypair dan menukarnya sangat mudah, itu masalah mengklik 2 tombol, dan Anda siap untuk pergi.

Bagaimana dengan mengirim email terenkripsi ke seseorang yang belum menyiapkan PGP?

Kami mengatasinya dengan menggunakan Q&Sebuah metode. Jika penerima tidak memiliki kunci publik, mereka melihat Q&A dengan pertanyaan yang aman. Jika mereka mendapat jawaban yang benar, mereka akan diarahkan ke server aman StartMail, memungkinkan mereka membaca pesan dan mengirim balasan.
Fokus kami adalah pada usaha kecil-menengah karena ada grup besar yang berkomunikasi dengan orang-orang yang tidak memiliki enkripsi PGP. Anda masih dapat mengirim email rahasia melalui StartMail hanya dengan memberi mereka jawaban atas pertanyaan aman. Ini membuka penggunaan untuk pengguna biasa yang tidak memahami enkripsi PGP.

Apa langkah selanjutnya untuk StartMail?

Kami baru-baru ini meminta salah satu dari 3 pakar keamanan top di dunia untuk meninjau kami. Kami senang mendengar bahwa dia terkesan dengan pekerjaan kami. Dia juga memberi kami poin tambahan untuk menyempurnakan kemudahan penggunaan dan pengaturan default, yang merupakan fokus utama kami hari ini, sementara memperketat keamanan pengguna kami bahkan lebih.

Pada bulan Maret 2016 kami merilis versi bisnis dari StartMail yang memungkinkan dukungan domain. Anda sekarang dapat menggunakan StartMail dengan alamat email merek Anda sendiri, yang penting bagi pengguna bisnis terutama di Eropa dan AS.

Di Eropa, peraturan privasi memiliki standar tinggi tentang cara memperlakukan data pribadi, dan bisnis terus mencari alternatif baru.

Peraturan baru yang diterapkan di UE mengatakan bahwa semua bisnis akan bertanggung jawab jika mereka tidak melindungi data pribadi penggunanya, yang pada akhirnya bermuara pada bagaimana mereka melakukan sesuatu secara teknis. Itu insentif besar untuk memastikan bahwa teknologi yang Anda implementasikan mutakhir dan melindungi pengguna dengan baik.

Banyak perusahaan keuangan, hukum, dan medis, serta bisnis yang lebih kecil tertarik pada layanan kami karena ini adalah solusi mudah bagi mereka. Itu adalah pasar yang menjanjikan untuk layanan email terenkripsi dan kami bercita-cita untuk memimpin industri dengan langkah-langkah keamanan unik kami, yang dapat Anda baca di buku putih kami. Kami mengundang orang untuk memeriksa kami dan membuat akun aman di StartMail.com.

Brayan Jackson
Brayan Jackson Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.
follow me