Panduan Utama untuk Tor Browser (dengan Tips Penting) 2020

Jika Anda ingin tahu tentang browser Tor, maka Anda sudah tahu betapa pentingnya privasi dan anonimitas Anda online dapat. Dan ya, browser Tor adalah alat yang hebat yang dapat membantu Anda tetap aman. Tetapi ada banyak kebingungan tentang pro dan kontra, dan terutama, tentang bagaimana hubungannya dengan VPN.

Panduan ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu dan banyak lagi. Kami akan menjelaskan bagaimana alat yang ampuh ini bekerja dan apa yang harus dipertimbangkan ketika memutuskan apakah itu tepat untuk Anda.

Di halaman ini:

Apa itu Tor?
Apakah Tor VPN?
Bagaimana Tor Bekerja?
Apakah Tor Secure?
Kekurangan Tor
Menggunakan Tor dengan VPN

Apa Itu Tor Browser?

Browser Tor adalah mirip dengan browser web normal dalam banyak hal. Tidak lebih sulit untuk digunakan daripada Google Chrome atau Microsoft Edge. Perbedaannya adalah bahwa browser Tor menghubungkan Anda ke internet melalui jaringan Tor.

Tor adalah perangkat lunak sumber terbuka gratis yang membantu Anda tetap anonim saat online. Ketika Anda menjelajah internet menggunakan browser Tor, lalu lintas Anda diarahkan secara acak melalui jaringan server sebelum Anda mencapai tujuan akhir, untuk lindungi lokasi dan identitas Anda.

Nama "Tor" adalah kependekan dari The Onion Router. Ini merujuk pada cara Tor melindungi data Anda membungkusnya dalam beberapa lapis enkripsi seperti bawang.

Apakah Tor Browser adalah VPN?

Browser Tor dan VPN keduanya adalah alat untuk melindungi privasi Anda secara online. Mereka bukan hal yang sama, namun. Mereka adalah dua teknologi yang sangat berbeda melindungi Anda dengan berbagai cara.

Saat Anda menggunakan VPN, semua data Anda diamankan dengan enkripsi ujung ke ujung. Kemudian diarahkan melalui saluran aman ke server jauh yang menghubungkan Anda ke situs web yang Anda coba kunjungi.

Peramban Tor melindungi privasi Anda dengan cara yang berbeda, yang kami jelaskan di bawah.

Yang penting browser Tor bukan VPN, tapi Anda dapat menggunakan dua alat bersama untuk memaksimalkan keamanan dan privasi Anda.

Bagaimana Cara Kerja Tor Browser?

Meskipun sistem peramban ini rumit di belakang layar, sebenarnya sangat mudah digunakan. Kamu hanya unduh dan pasang Tor browser, lalu hubungkan ke internet sama seperti yang Anda lakukan dengan browser lain.

Tor menggunakan sistem unik yang dikembangkan oleh Angkatan Laut AS untuk melindungi komunikasi intelijen pemerintah.

Data Anda dibundel ke dalam lapisan paket terenkripsi sebelum memasuki jaringan Tor. Itu kemudian dialihkan melalui serangkaian server yang dioperasikan sukarela yang disebut node atau relay.

Setiap kali data Anda melewati salah satu relay ini, lapisan enkripsi dihapus untuk mengungkapkan lokasi relai berikutnya. Saat Anda mencapai relai terakhir di jalur Anda, yang dikenal sebagai simpul keluar, lapisan enkripsi terakhir dihapus dan data Anda dikirim ke tujuan akhirnya.

Setiap relay hanya mendekripsi data yang cukup untuk mengetahui lokasi relay sebelumnya dan selanjutnya. Karena setiap jalur dibuat secara acak dan tidak ada relay yang menyimpan catatan, hampir tidak mungkin aktivitas Anda ditelusuri kembali ke Anda melalui jaringan Tor yang kompleks.

Seberapa Aman Tor Browser?

Browser Tor sangat efektif menyembunyikan lokasi Anda dan mencegah lalu lintas Anda dilacak. Hampir tidak mungkin aktivitas online Anda dilacak melalui jaringan Tor kembali kepada Anda.

Namun, Peramban Tor tidak sepenuhnya aman. Sistem memiliki beberapa kelemahan. Karena setiap server di jaringan Tor adalah dioperasikan secara sukarela, Anda tidak pernah tahu siapa di belakang relay yang dilalui data Anda.

Secara umum, ini bukan masalah karena setiap relai hanya dapat mengakses lokasi relai sebelumnya dan berikutnya — kecuali untuk simpul keluar.

Node keluar menghapus lapisan akhir enkripsi pada data Anda. Itu tidak dapat mengakses lokasi asli Anda atau alamat IP, tetapi dimungkinkan untuk simpul keluar untuk memata-matai aktivitas Anda jika Anda mengunjungi situs web HTTP tanpa jaminan.

Browser Tor adalah juga rentan terhadap serangan yang sama dengan browser lain. Merupakan ide bagus untuk mematikan plugin dan skrip browser jika Anda mencoba untuk tetap anonim, karena ini dapat dieksploitasi untuk mengungkapkan informasi seperti alamat IP Anda.

Apa Kelemahan Browser Tor??

Kelemahan terbesar menggunakan browser Tor adalah kecepatan. Karena data Anda harus melakukan perjalanan melalui banyak relay sebelum mencapai tujuan akhir Anda, penjelajahan bisa sangat lambat.

Browser Tor bukan pilihan terbaik untuk streaming dan mengunduh, dan penciptanya sangat mencegah torrent demikian juga. Torrenting tidak hanya lambat, tetapi traffic torrent Anda tidak akan terlindungi dan dapat mengekspos alamat IP Anda.

Jika Anda mencari cara untuk streaming atau torrent, VPN adalah perlindungan yang jauh lebih baik.

Kerugian lain menggunakan browser Tor adalah itu bisa menarik perhatian Anda. ISP Anda tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan, tetapi dapat melihat bahwa Anda terhubung ke Tor. Ini dengan sendirinya bisa cukup untuk menimbulkan kecurigaan tentang apa yang Anda lakukan.

Bahkan jika Anda hanya menggunakan browser Tor untuk menjelajahi internet secara legal, fakta bahwa Anda terhubung ke Tor dapat berpotensi mengubah Anda menjadi target pengawasan pemerintah. Instansi pemerintah AS seperti NSA dan FBI sangat berinvestasi dalam mencoba menemukan cara untuk melacak aktivitas pengguna Tor.

Menggunakan Tor Browser dengan VPN

Browser Tor adalah alat yang efektif, tetapi ia tidak menawarkan tingkat keamanan dan keselamatan yang sama dengan VPN. Untungnya, Anda tidak harus memilih di antara keduanya. Anda dapat menggunakan browser Tor dan VPN bersama untuk menggabungkan kekuatan mereka dan memaksimalkan privasi Anda.

Ada dua cara utama untuk menggabungkan Tor browser dan VPN. Kami akan memandu Anda melalui kedua metode dan menjelaskan pro dan kontra dari masing-masing metode.

Tor melalui VPN

Dengan metode ini, Anda terhubung ke VPN Anda terlebih dahulu dan kemudian mengakses jaringan Tor. Ada beberapa keuntungan dari metode ini, dimulai dengan fakta bahwa itu sangat mudah. Kamu cukup hubungkan ke VPN Anda dan kemudian buka browser Tor.

Dalam kebanyakan kasus, konfigurasi ini memberikan lebih dari cukup keamanan dan privasi untuk melindungi Anda.

Beberapa VPN membuatnya lebih mudah dengan menawarkan layanan Tor bawaan. Salah satu contoh yang bagus adalah NordVPN Layanan Onion over VPN, yang memungkinkan Anda terhubung ke Tor tanpa browser Tor.

Sebaliknya, NordVPN dapat merutekan lalu lintas Anda melalui salah satu server VPN amannya dan kemudian langsung ke jaringan Tor. Layanan NordVPN dapat melindungi semua lalu lintas di perangkat Anda, bukan hanya aktivitas browser Anda.

Manfaat lain dari Tor over VPN adalah bahwa semua data Anda dienkripsi dengan aman oleh VPN Anda sebelum memasuki jaringan Tor. Ini artinya Server yang dioperasikan sukarelawan Tor tidak dapat mengakses alamat IP asli Anda.

Karena VPN menyembunyikan aktivitas Anda dari ISP Anda, menghubungkan ke VPN sebelum mengakses Tor juga mencegah ISP Anda mendeteksi penggunaan Tor Anda.

Tor over VPN juga memberi Anda ukuran privasi dari penyedia VPN Anda, karena mereka tidak dapat melihat apa yang Anda lakukan dalam jaringan Tor. Di sisi lain, jika penyedia VPN Anda menyimpan log aktivitas Anda, Tor over VPN tidak menyembunyikan alamat IP asli Anda atau fakta bahwa Anda menggunakan Tor.

Kelemahan lain dari metode ini adalah itu tidak melindungi Anda dari node keluar berbahaya, karena lalu lintas Anda tidak terenkripsi pada saat mencapai tujuan akhir Anda.

VPN melebihi Tor

Dengan metode ini, Anda terhubung ke jaringan Tor terlebih dahulu dan kemudian pergi melalui VPN Anda. Metode ini adalah lebih rumit daripada Tor over VPN karena dalam banyak kasus, Anda harus mengkonfigurasi VPN Anda secara manual untuk bekerja dengan Tor dengan cara ini.

Manfaat terbesar dari VPN over Tor adalah Anda dilindungi dari simpul keluar Tor. Lalu lintas Anda tidak langsung dari node keluar ke tujuan akhir Anda, melainkan dialihkan dari node keluar ke server VPN yang aman.

Itu sebabnya konfigurasi ini ideal untuk mengomunikasikan informasi sensitif. 

Kelemahannya adalah itu ISP Anda — dan karenanya agen pemerintah juga — akan dapat melihat bahwa Anda menggunakan Tor, meskipun aktivitas Anda akan disembunyikan.

Metode ini juga menyembunyikan alamat IP Anda yang sebenarnya dari penyedia VPN Anda.Tetapi dengan VPN yang transparan dan tanpa log, Anda tidak harus melakukannya.

Kesimpulan

Terlepas dari kekurangannya, browser Tor adalah alat yang ampuh dan efektif untuk melindungi privasi Anda secara online. Menggabungkan anonimitas Tor dengan keamanan dan keselamatan VPN memberi Anda yang terbaik dari kedua dunia.

Kami sangat menyarankan Anda menggunakan VPN, jika Anda berencana untuk mencoba browser Tor.

Itu juga baik untuk diingat itu VPN dengan sendirinya dapat memberikan keamanan dan anonimitas yang luar biasa, tanpa penurunan kecepatan yang signifikan yang akan Anda perhatikan dengan browser Tor.

Jika Anda mencari VPN yang tepercaya dan andal untuk melindungi privasi online Anda, lihat daftar kami yang terbaik Penawaran VPN dan kode kupon.

Bacaan lebih lanjut

Tor vs VPN

VPN Tanpa Log yang Terverifikasi Terbaik

5 VPN Terbaik untuk Browser Tor

 

Brayan Jackson
Brayan Jackson Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.
follow me