Tor vs VPN: Mana yang Lebih Baik untuk Torrenting? Pribadi? Kamu? (2020)


Ketika dunia digital berkembang, privasi online dan anonimitas berada di garis depan pikiran kita. Kami ingin memastikan bahwa informasi pribadi dan aktivitas online kami tetap rahasia, dan di luar kendali korporasi, pemerintah, dan penjahat dunia maya.

Ketika datang ke keamanan online, VPN dan Tor adalah alat paling ampuh yang dapat Anda gunakan. Meskipun mereka serupa dalam banyak hal, perbedaan mereka membuat mereka berguna dalam situasi yang sangat berbeda - dan sangat penting untuk keamanan dan privasi Anda bahwa Anda membuat pilihan yang tepat untuk kebutuhan pribadi Anda.

Di bawah, kita akan membahas perbedaan antara Tor dan VPN, apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka bekerja. Kami juga akan Lihatlah berbagai cara Anda dapat menggunakannya untuk membantu Anda memutuskan apakah Tor atau VPN akan menjadi solusi terbaik untuk situasi Anda.

Daftar Isi

Tentang VPN
- Keuntungan Menggunakan VPN
- Bagaimana Cara Kerja VPN?
- Apa yang Harus Diperhatikan dalam VPN Aman
- Pro dan Kontra Menggunakan VPN

Tentang Tor
- Keuntungan Menggunakan Tor
- Bagaimana Tor Bekerja?
- Pro dan Kontra Menggunakan Tor

Yang merupakan Solusi Privasi Online Terbaik: Tor atau VPN?

Tabel Perbandingan: VPN vs Tor

VPN + Tor: Kombinasi Kemenangan
- Tor lewat VPN
- VPN over Tor

Ringkasan

Tentang VPN

Apa itu VPN dan Apa yang Mereka Lakukan?

SEBUAH Vtiga bulan Pmenyaingi Network (VPN) menghubungkan perangkat Anda melalui terowongan aman ke server jauh di negara pilihan Anda. Ini sembunyikan alamat IP Anda, membuatnya seolah-olah Anda sedang mengakses internet dari lokasi server jauh alih-alih dari lokasi Anda yang sebenarnya.

Ketika dikombinasikan dengan enkripsi, ini menyediakan solusi optimal untuk anonimitas online - yang berarti bahwa mata-mata tidak dapat melihat apa yang Anda lihat, atau dari mana Anda melihatnya. Ini juga mencegah situs web seperti Google dan Facebook menggunakan aktivitas penelusuran Anda untuk menargetkan iklan sesuai minat Anda.

Apa itu Enkripsi dan Apa yang Bisa Dilakukan untuk Anda?

VPN menggunakan enkripsi kekuatan militer untuk mengamankan informasi pribadi Anda. Anggap ini sebagai penguncian data Anda di brankas yang tidak dapat ditembus - hanya mereka yang tahu kode sandi yang dapat membuka brankas dan melihat isinya, dan itu tidak dapat dipecah terbuka.

Penyerang secara teoritis dapat menghapus enkripsi AES 256-bit menggunakan serangan brute force, tetapi akan dibutuhkan 50 superkomputer memeriksa 1018 kunci AES setiap detik sekitar 3 × 1051 tahun untuk memecahkan satu bagian data terenkripsi - jadi itu bukan sesuatu yang perlu kita perhatikan hari ini.

Jika sebuah peretas atau agen pengawasan pemerintah Pegang data Anda saat melintasi jaringan, mereka tidak akan bisa membacanya. Itu hanya akan terlihat seperti omong kosong.

Untuk menguji ini, saya menggunakan generator enkripsi AES untuk mengenkripsi frasa 'vpnMentor.' Tanpa enkripsi, Anda dapat dengan jelas melihat frasa 'vpnMentor,' tetapi ketika dienkripsi, yang dapat Anda lihat adalah: ‘NRRJsYVI / 6HXtdnnh2BLZg ==’

torvsvpn (1)

Ini adalah jenis fitur keamanan itu menjaga keamanan jurnalis dan aktivis ketika mereka menggunakan komunikasi digital dalam iklim politik yang kacau. Tapi VPN tidak hanya untuk orang-orang di posisi berbahaya - mereka adalah kunci anonimitas, dan keamanan untuk setiap warga daring.

Anda mungkin menggunakan VPN jika:

  • Kamu adalah khawatir tentang informasi pribadi Anda, seperti detail perbankan online, berakhir di tangan yang salah.
  • Kamu nilai anonimitas online Anda.
  • Kamu unduh atau seed torrents di wilayah di mana torrent dilarang.
  • Anda tinggal di negara dengan sensor online atau pengawasan pemerintah yang produktif.
  • Anda tidak ingin perusahaan melacak kebiasaan menjelajah Anda untuk menargetkan Anda dengan iklan.
  • Kamu butuh mengakses jaringan bisnis saat bepergian.
  • Yang kamu ingin memintas firewall jaringan atau mencegah administrator jaringan melihat aktivitas penelusuran Anda.
  • Anda menggunakan Wi-Fi publik dan ingin menjaga keamanan komputer Anda.
  • Kamu nikmati Netflix dan layanan streaming lainnya dan ingin buka blokir katalog lengkap mereka di daerah lain.
  • Anda percaya pada hak Anda untuk kebebasan online.

Keuntungan Menggunakan VPN

Enkripsi ujung-ke-ujung: VPN mengenkripsi semua data yang bergerak melalui koneksi Anda.

Kecepatan: VPN biasanya akan memperlambat koneksi Anda (dengan VPN yang berkualitas, perbedaannya tidak akan terlihat) - namun, jika Anda menderita penghambatan ISP atau kemacetan jaringan, VPN sebenarnya dapat mempercepat Anda.

Kemudahan penggunaan: Biasanya, yang perlu Anda lakukan untuk mengatur VPN adalah mendaftar, mengunduh dan menginstal aplikasi yang relevan, dan terhubung ke server pilihan Anda - tidak memerlukan keterampilan teknis atau pengetahuan yang diperlukan.

Abaikan geoblok dan sensor: VPN menutupi IP Anda, membuatnya seolah-olah Anda mengakses internet dari lokasi server yang Anda pilih. Ini memungkinkan Anda untuk dengan mudah mengakses situs web geoblocked dan layanan streaming seperti Netflix.

Bagaimana Cara Kerja VPN?

Apa yang Anda perlukan untuk menggunakan VPN:

  • Akun dengan penyedia VPN
  • Perangkat lunak klien atau aplikasi penyedia VPN diinstal pada perangkat Anda

Setelah mengatur akun dengan penyedia yang Anda pilih, Anda harus membuka perangkat lunak klien di komputer, masuk, dan memilih server untuk dihubungkan. Server yang Anda pilih akan tergantung pada kebutuhan Anda: jika Anda memprioritaskan keamanan dan kecepatan, pilih server yang dekat dengan lokasi fisik Anda; jika Anda ingin sensor bypass dan geoblocking, pilih server di negara yang berbeda.

Setelah Anda terhubung, perangkat lunak mengenkripsi semua data Anda sebelum merutekannya melalui terowongan ke server yang Anda pilih. Server kemudian meneruskan data Anda ke situs web yang Anda kunjungi. Karena server topeng IP Anda, situs web melihat data berasal dari server dan bukan perangkat Anda, jadi Anda sepenuhnya anonim.

Apa yang Harus Diperhatikan dalam VPN Aman

Enkripsi tingkat militer: Untuk memastikan privasi data Anda, penyedia VPN Anda harus menawarkan enkripsi 256-bit.

Perlindungan kebocoran DNS: Domain Name System (DNS) adalah internet yang setara dengan buku telepon. Setiap kali Anda mengunjungi situs web, komputer Anda meminta alamat IP situs web dari server DNS ISP Anda - tetapi ketika Anda menggunakan VPN, ia akan menghubungi DNS VPN Anda sebagai gantinya.

Kadang-kadang, kelemahan keamanan di jaringan Anda akan mengakibatkan permintaan DNS Anda dialihkan ke server DNS ISP Anda alih-alih VPN Anda, yang memungkinkan ISP Anda untuk melihat situs web mana yang Anda kunjungi. Cari VPN yang menawarkan perlindungan kebocoran DNS untuk memastikan aktivitas penelusuran Anda tidak pernah dibiarkan terbuka.

Kebijakan larangan log yang ketat: Sebagian besar penyedia VPN menyimpan beberapa catatan aktivitas Anda, seperti cap waktu dan jumlah data yang dikirimkan dalam suatu sesi. Secara umum, jenis penyimpanan data ini tidak berbahaya karena ini bukan informasi pengenal pribadi - tetapi jika penyedia Anda menyimpan log dari semua aktivitas penelusuran Anda, Anda tidak lagi anonim daring..

Jika pihak berwenang muncul di kantor pusat perusahaan dengan surat perintah untuk menyita semua catatannya, VPN yang tidak menyimpan log tidak akan memiliki informasi tentang Anda untuk memberikannya.

Saklar bunuh otomatis: Sakelar mematikan otomatis akan memutuskan Anda dari internet jika koneksi VPN Anda turun, mencegah kebocoran data dan IP.

Pro dan Kontra dalam Menggunakan VPN

Pro

Cons

  • Enkripsi ujung ke ujung dan fitur keamanan lainnya memastikan bahwa semua data Anda terlindungi.
  • Situs web tidak dapat menggunakan aktivitas penelusuran Anda untuk membuat iklan bertarget.
  • VPN menutupi IP Anda sehingga Anda dapat melewati geoblock dan sensor.
  • Menghubungkan ke server jarak jauh memungkinkan Anda mem-bypass kemacetan jaringan dan pelambatan ISP.
  • Melindungi semua data Anda; bukan hanya data yang dikirim melalui browser tertentu.
  • Tersedia untuk setiap perangkat; Anda bahkan dapat mengkonfigurasi router Anda untuk memberikan perlindungan VPN di seluruh jaringan
  • Sebagian besar VPN memerlukan berlangganan - meskipun biasanya terjangkau.
  • Beberapa bank dan gateway pembayaran akan mendeteksi bahwa Anda menggunakan VPN dan menandai akun Anda untuk aktivitas mencurigakan.
  • Anda mungkin mengalami kehilangan kecepatan karena data Anda perlu melakukan perjalanan lebih jauh untuk mencapai tujuannya, dan karena proses enkripsi membutuhkan waktu. Namun, dengan VPN berkualitas tinggi, perbedaan ini hampir tidak terlihat.
  • Tidak seperti Tor, perangkat lunak VPN dapat mengalami kesalahan dan bahkan macet, sehingga data Anda tidak terlindungi. Jika penyedia Anda menawarkan switch mematikan otomatis, itu akan memutuskan Anda dari internet jika perangkat lunak VPN Anda gagal, tetapi Anda harus tetap offline sampai kesalahan diperbaiki jika Anda ingin melindungi data Anda.

Tentang Tor

Apa itu Tor dan Apa fungsinya?

Tor, kependekan dari The Onion Router, adalah perangkat lunak bebas yang menyamarkan identitas Anda dengan mengenkripsi lalu lintas Anda dan merutekannya melalui serangkaian server yang dioperasikan sukarela, yang dikenal sebagai node. Ketika lalu lintas Anda diterima oleh simpul terakhir - simpul keluar - ia didekripsi dan diteruskan ke situs web yang Anda kunjungi.

Disebabkan oleh enkripsi multi-layer, setiap node di jaringan hanya dapat melihat alamat IP dari node sebelum dan sesudahnya (kecuali untuk node entri, yang dapat melihat IP asli Anda), dan hanya node keluar yang dapat melihat data terenkripsi Anda. Tor mencegah aktivitas penjelajahan Anda agar tidak tertaut kembali ke Anda - mata-mata dapat melihat lalu lintas Anda begitu ia meninggalkan jaringan, tetapi bukan asalnya.

Namun, karena simpul Tor dioperasikan oleh sukarelawan, siapa pun dapat mengatur simpul keluar dan melihat lalu lintas plaintext yang meninggalkan sayat - termasuk peretas dan mata-mata. Biasanya node buruk informasi panen seperti detail login ke situs web, informasi pribadi, pesan obrolan online, dan email. Ada dua cara untuk memerangi ini:

  1. Hindari mengirim pesan pribadi dan informasi sensitif melalui koneksi Anda. Jangan pernah masuk ke situs web kecuali mereka menggunakan HTTPS.
  2. Gunakan VPN bersama dengan Tor untuk mengenkripsi informasi sensitif dan detail masuk Anda - kami akan membicarakan hal ini lebih detail di bawah ini.

Akses Situs Web Tersembunyi

Tor juga a pintu ke web yang gelap, semacam perut online. Ini adalah rumah bagi ribuan operasi kriminal online - tetapi juga surga bagi orang-orang yang perlu berbagi informasi secara anonim. Misalnya, New York Times mengoperasikan kotak kunci aman di web gelap sehingga pelapor dapat mengirimkan file dan informasi tanpa mengorbankan identitas mereka. Tapi jangan biarkan ini membuat Anda pergi - orang normal juga menggunakan Tor!

Banyak situs web populer memiliki versi hidden.onion yang Anda bisa hanya akses dengan menggunakan Tor. Berikut ini beberapa contoh:

Facebook: Meskipun anonimitas daring dan Facebook biasanya tidak berjalan seiring, Facebook menggunakan alamat a.onion sehingga orang-orang di daerah yang sangat disensor dapat menggunakannya untuk berkomunikasi.

ProPublica: ProPublica meluncurkan situs.onion sehingga pembaca tidak perlu khawatir tentang pengawasan digital, terutama yang berada di daerah di mana ProPublica disensor.

DuckDuckGo: DuckDuckGo adalah mesin pencari yang kuat, tetapi tidak seperti Google, itu tidak melanggar privasi Anda. Jika Anda menggunakan Google di Tor, Anda akan dibombardir dengan captcha untuk memastikan Anda bukan robot - tetapi DuckDuckGo menyelesaikan masalah ini dan unggul dalam mengambil alih posisi Google.

Anda mungkin menggunakan Tor jika:

  • Anda tertarik menganonimkan aktivitas penjelajahan Anda.
  • Anda tinggal di negara dengan ketat pengawasan pemerintah hukum.
  • Kamu butuh sensor bypass untuk mengakses konten yang diblokir atau mengungkapkan pikiran Anda secara online secara gratis.
  • Anda ingin mencegah situs web melihat riwayat penjelajahan Anda dan menggunakannya untuk menargetkan iklan.
  • Anda ingin mempertahankan hak kebebasan online Anda.

Keuntungan Menggunakan Tor

Gratis: Tor pada umumnya solusi keamanan yang paling hemat biaya - yaitu karena gratis.

Anonimitas lengkap: Tor tidak mencatat aktivitas penjelajahan Anda, Anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya, dan karena gratis, itu tidak menyimpan catatan informasi keuangan Anda.

Sulit dimatikan: Server-server Tor tersebar jauh dan luas di seluruh dunia, sehingga hampir mustahil bagi pihak berwenang untuk menutupnya. Tidak seperti VPN, tidak ada kantor pusat atau server utama untuk menyerang atau melarang.

VPN adalah bisnis, sehingga mereka rentan ditutup atau diblokir, membuat Anda menemukan (dan membayar) penyedia lain di belakangnya - masalah yang tidak akan pernah Anda hadapi dengan Tor.

Bagaimana Tor Bekerja?

Apa yang Anda perlukan untuk menggunakan Tor:

  • Browser Tor atau sistem operasi.

Perangkat lunak Tor memetakan jalur dari perangkat Anda melalui dua node yang dipilih secara acak ke node keluar. Itu kemudian berlaku enkripsi tiga lapis ke paket data Anda dan mengirimkannya ke node pertama.

Node pertama pada jaringan menghilangkan lapisan terenkripsi. Informasi yang tertanam dalam lapisan ini memberi tahu tempat untuk mengirim paket data berikutnya, dan simpul kedua kemudian mengulangi proses ini.

Ketika lalu lintas Anda mencapai simpul keluar jaringan, lapisan akhir enkripsi dihapus. Ini mengungkapkan tidak hanya tujuan akhir data Anda tetapi juga informasi yang dibawanya - termasuk informasi sensitif yang mungkin Anda masukkan ke dalam situs web pada awalnya.

Tor akan menggunakan tiga node yang sama selama sekitar 10 menit sebelum itu menciptakan jalur yang sama sekali baru untuk lalu lintas Anda.

Pro dan Kontra Menggunakan Tor

Pro

Cons

  • Tor gratis.
  • Tor menyamarkan identitas Anda dan memungkinkan Anda melewati sensor.
  • Situs web tidak dapat menggunakan aktivitas penelusuran Anda untuk membuat iklan bertarget.
  • Aktivitas penjelajahan Anda tidak dapat ditautkan kembali ke Anda.
  • Tor memungkinkan Anda untuk menghindari pengawasan online - hingga tingkat tertentu.
  • Secara keseluruhan, jaringan Tor sangat lambat - tidak ideal untuk streaming.
  • Node keluar dapat dimanipulasi untuk memata-matai pengguna.
  • Mudah untuk membocorkan informasi Anda sendiri tanpa menyadarinya jika situs web yang Anda ajak berkomunikasi tidak ada di web gelap dan tidak mendukung HTTPS.
  • Badan pengawas dapat mengetahui apakah Anda menggunakan Tor, dan ini berpotensi menempatkan Anda pada daftar pengawasan.
  • Kecuali jika Anda menggunakan Tor's OS, hanya lalu lintas dari browser Anda yang dilindungi.
  • Tor tidak mendukung torrenting - pada kenyataannya, sebagian besar node memblokir semuanya.
    Yang merupakan Solusi Privasi Online Terbaik: Tor atau VPN?

Yang merupakan Solusi Privasi Online Terbaik: Tor atau VPN?

VPN adalah solusi privasi online terbaik.

Tor sangat dihormati karena kemampuannya menganonimkan lalu lintas internet Anda, tetapi terbatas dan rentan terhadap serangan dan kebocoran data.

Siapa pun dapat membuat dan mengoperasikan simpul, bahkan peretas dan mata-mata. Tor tidak menyediakan enkripsi ujung ke ujung, jadi kecuali jika Anda mengakses situs web dengan HTTPS diaktifkan, atau menggunakan web gelap, pemilik simpul keluar yang Anda gunakan dapat melihat data dan tujuannya.

Jadi, jika Anda pernah menggunakan Tor untuk mengirim informasi sensitif atau masuk ke situs web, siapa pun yang memiliki simpul keluar sekarang memiliki akses ke informasi ini, juga. VPN menyediakan enkripsi ujung ke ujung, membuat data Anda 100% tidak terlihat oleh peretas dan mata-mata.

Kecuali jika Anda menggunakan sistem operasi Tor, itu hanya melindungi data yang dikirimkan melalui browser Anda. VPN akan mengenkripsi semua data yang bepergian melalui koneksi Anda.

Sebagian besar VPN menawarkan matikan sakelar yang akan memutuskan koneksi internet Anda mencegah data yang tidak dilindungi meninggalkan jaringan Anda jika koneksi Anda gagal.

Jaringan Tor tidak bisa gagal dengan cara yang sama, tetapi itu bisa berisi node buruk yang memanen data Anda. Tidak seperti VPN, Tor tidak memiliki tombol mematikan yang dapat mendeteksi kesalahan seperti ini, jadi jika salah satu node dikompromikan, data Anda akan diekspos.

VPN juga memiliki kekurangan, tetapi ketika Anda menggunakan VPN, Anda memiliki risiko lebih rendah untuk diretas atau data Anda bocor. Namun, solusi keamanan online yang paling kuat adalah menggabungkan VPN dengan Tor. Kami akan membahas ini secara lebih rinci di bawah ini.

Tabel Perbandingan: VPN vs Tor

Begini cara keduanya saling menumpuk:

Tor

VPN

Biaya: Gratis Biaya berlangganan yang terjangkau - biasanya tanpa kontrak
Enkripsi: Ya, tetapi hanya ke simpul keluar. Ya, enkripsi ujung ke ujung.
Anonimitas: Ya, tetapi program pengawasan dapat mendeteksi kapan Tor digunakan. Iya.
Fitur keamanan lainnya: Dapat digunakan bersamaan dengan Obfsproxy. Tergantung pada penyedia:

Sakelar bunuh otomatis,

perlindungan Wi-Fi otomatis,

Pencegahan kebocoran DNS,

kebijakan tanpa log,

Obfsproxy, dan banyak lagi.

Kompatibilitas perangkat Windows, MacOS, Linux, Android. Semua platform, termasuk router.
Streaming: Tor tidak disarankan untuk streaming karena koneksi terlalu lambat. Ya - VPN sempurna untuk streaming.
Torrenting: Sebagian besar simpul keluar memblokir lalu lintas ke dan dari torrents. Ya - tergantung pada penyedia.
Kemudahan penggunaan: Browser mudah diatur, tetapi seringkali memerlukan konfigurasi lebih lanjut. Sangat mudah digunakan, bagus untuk pemula.
Kecepatan: Lambat. Kecepatan tinggi.

VPN + Tor: Kombinasi Kemenangan

Jika Anda menghendaki lindungi koneksi Anda dengan solusi privasi online terkuat, menggabungkan VPN Anda dengan Tor.

Protokol enkripsi VPN akan mencegah node jahat melihat alamat dan aktivitas IP Anda, serta mencegah ISP dan badan pengawas Anda mendeteksi penggunaan Tor - lagipula, Anda tidak ingin menaikkan tanda bahaya apa pun tentang aktivitas online Anda. Ini juga akan memungkinkan Anda mengakses situs web yang memblokir pengguna Tor.

Ada dua cara untuk menggabungkan VPN dan Tor:

Tor melalui VPN

Saat Anda menggunakan konfigurasi Tor over VPN, Anda harus terlebih dahulu terhubung ke VPN Anda sebelum membuka Tor. VPN akan melakukannya mengenkripsi lalu lintas Anda sebelum dikirim melalui jaringan Tor, menyembunyikan penggunaan Tor Anda dari ISP Anda.

Menggunakan Tor over VPN, penyedia VPN Anda tidak dapat melihat data yang Anda kirim melalui Tor, tetapi mereka dapat melihat bahwa Anda terhubung dengannya. Node entri Tor tidak dapat melihat IP asli Anda; melainkan akan melihat IP server VPN Anda, meningkatkan anonimitas Anda.

Namun, lalu lintas Anda tidak dienkripsi ketika meninggalkan jaringan Tor, jadi Tor over VPN tidak melindungi Anda dari node keluar berbahaya. Jadi, Anda masih perlu berhati-hati dalam mengirim informasi sensitif melalui koneksi Anda.

Gunakan Tor over VPN jika:

  • Kamu butuh sembunyikan penggunaan Tor Anda dari ISP Anda dan badan pengawas.
  • Kamu butuh sembunyikan lalu lintas dari penyedia VPN Anda.
  • Anda tidak mengirim informasi pribadi seperti detail login melalui koneksi Anda.

Cara Mengatur Tor melalui VPN:

1. Buka aplikasi VPN Anda dan sambungkan ke jaringan VPN.

torvsvpnnord

2. Buka Tor. Setelah dimuat, Anda akan melihat halaman ini:

torvsvpn (3)

3. Klik terhubung, dan tunggu Tor membuat koneksi.

torvsvpn (4)

4. Anda siap menjelajah internet dengan aman dan anonim.

VPN melebihi Tor

VPN over Tor bekerja berlawanan arah dengan Tor over VPN. Anda harus terlebih dahulu terhubung ke internet dan kemudian masuk ke VPN Anda melalui jaringan Tor. Metode ini memerlukan lebih banyak pengetahuan teknis, karena Anda harus melakukannya konfigurasikan klien VPN Anda untuk bekerja dengan Tor.

Alih-alih menyambungkan langsung ke internet, simpul keluar Tor mengalihkan lalu lintas Anda ke server VPN Anda. Ini menghilangkan risiko keluar node berbahaya karena lalu lintas Anda didekripsi setelah meninggalkan jaringan Tor.

Meskipun simpul entri Tor masih dapat melihat IP asli Anda, VPN Anda hanya akan melihat alamat simpul keluar. ISP Anda tidak akan dapat melihat bahwa Anda terhubung ke VPN, tetapi dapat melihat bahwa Anda menggunakan Tor. Karena Anda dapat memilih server jarak jauh yang digunakan VPN Anda, itu lebih mudah untuk melewati geoblocking dan sensor dengan metode ini juga.

Gunakan VPN over Tor jika:

  • Yang kamu ingin lindungi koneksi Anda terhadap node keluar berbahaya.
  • Anda ingin menyembunyikan penggunaan VPN dari ISP Anda.
  • Anda akan mengirimkan informasi sensitif melalui koneksi Anda, seperti detail login dan pesan pribadi.
  • Kamu butuh memotong geoblock.

Ringkasan

VPN adalah alat yang ampuh untuk melindungi data Anda dan anonimitas online Anda.

Anda dapat menggunakan VPN untuk buka kunci setiap sudut internet dengan aman dan aman sambil melindungi diri Anda dari peretas, mata-mata, dan serangan berbahaya. Tapi, ketika Anda menggabungkan VPN dengan Tor, Anda mendapatkan pusat kekuatan privasi online absolut.

Apakah Anda ingin lindungi informasi pribadi Anda, seperti detail perbankan dan aktivitas menjelajah, saat Anda berselancar, atau Anda perlu hindari pengawasan online untuk menggunakan hak Anda untuk kebebasan berbicara, kami merekomendasikan penggunaan VPN melalui Tor.

Jika Anda mencari VPN andal dengan fitur keamanan terbaik, lihat daftar lima teratas kami. Mereka semua datang dengan uji coba gratis periode dan / atau jaminan uang kembali, sehingga Anda dapat mencobanya secara bebas risiko untuk melihat apakah mereka tepat untuk kebutuhan Anda.

Untuk nilai terbaik pada VPN, jangan lewatkan Tawaran VPN dan Kode Kupon kami.

Penyedia Peringkat Skor Kami Peringkat Pengguna
Pilihan Editor 5.0 / 5
Baca Ulasan
Temukan lebih banyak lagi Memulai >> Mengunjungi situs
2 4.9 / 5
Baca Ulasan
Temukan lebih banyak lagi Memulai >> Mengunjungi situs
3 4.8 / 5
Baca Ulasan
Temukan lebih banyak lagi Memulai >> Mengunjungi situs
4 4.8 / 5
Baca Ulasan
Temukan lebih banyak lagi Memulai >> Mengunjungi situs
5 4.7 / 5
Baca Ulasan
Temukan lebih banyak lagi Memulai >> Mengunjungi situs

Artikel lain yang mungkin menarik bagi Anda:

Perbandingan Protokol VPN

Apa yang Google Ketahui tentang Anda?

Apa itu Kill Switch?

VPN Tanpa Log yang Terverifikasi Terbaik

Brayan Jackson
Brayan Jackson Administrator
Sorry! The Author has not filled his profile.
follow me